Jumat, 12 Desember 2014

Pasar Kerbau Terbesar Di Dunia



1382099480122771223
Keramaian Pasar Hewan Bolu yang menjual Kerbau
Pasar bolu diberi julukan sebagai pasar kerbau terbesar di dunia.Hal ini dikarenakan sedikitnya terdapat 500 ekor yang diperjualbelikan di pasar ini dengan harga mulai dari yang paling murah seharga 14 Juta rupiah hingga rutusan juta rupiah. Adapun yang menjadi tolak ukur dari nilai sebuah kerbau adalah jenis kerbau tersebut, warna kulit dan bulu,postur, tanda-tanda di badan, tanduk dan masih banyak lagi.
Bila dibandingkan dengan berbagai jenis kerbau yang ada di Indonesia,kerbau asal Toraja fisiknya jauh lebih besar, kekar dan gemuk di banding dengan kerbau di daerah lain di Indonesia. Yang terutama adalah warna yang membuatnya menjadi spesial.
Berbagai jenis kerbau yang bisa kita temui di pasar ini yaitu :
1. Kerbau Saleko atau dikenal sebagai kerbau bule yang harganya paling mahal yaitu bisa mencapai ratusan juta rupiah
2. Kerbau Bonga yaitu jenis kerbau yang bagian kepalanya saja seperti kerbau Saleko,sedangkan bagian badannya berwarna kelabu atau hitam.
3. Kerbau Teken Langit yaitu jenis kerbau yang memiliki tanduk silang (satu menghadap ke atas, satu menghadap ke bawah)
4. Kerbau Balian yaitu jenis kerbau yang dikebiri
5. Kerbau Pudu' yaitu kerbau hitam biasa
6. Kerbau Bulan yaitu kerbau Albino dan kebau ini adalah yang paling murah ..
13820997312014589447
Berbagai jenis kerbau yang dijual di pasar Bolu
Dalam masyarakat Toraja, kerbau punya peranan penting dalam kehidpupan mereka khususnya dalam nilai budaya dan ekonomi. Kerbau atau dalam bahasa setempat tedong merupakan lambang kemakmuran. Tidak heran jika pada saat upacara adat kematian atau Rambu Solo, kerbau menjadi salah satu ukuran utama yang harus dikorbankan. Jumlah kerbau yang dikorbankan menjadi salah satu tolok ukur kemakmuran bagi keluarga yang menyelenggarakan upacara adat tersebut

hamsinalambe.blogspot.com/2013/11/tradisi-adu-kerbau.html

0 komentar:

Posting Komentar